Diskominfo Nganjuk Gelar Talkshow Interaktif Penerapan SP2KP di Pasar

SP2KP salah satunya diterapkan untuk memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Wage Nganjuk
Rabu 1 Juni 2022

matakamera, Nganjuk - Radio 105,3 FM Suara Anjuk Ladang (RSAL) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Nganjuk menggelar dialog atau talkshow interaktif, bertema sistem pemantauan harga kebutuhan pokok, Selasa pagi (31/5/2022).

Talkshow digelar secara on air di studio RSAL Diskominfo Nganjuk, dengan mendatangkan narasumber Kasi Bina Usaha Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diperindag) Kabupatan Nganjuk Nanang Tri Susilo. Perbincangan dipandu oleh host Asty Hanifa.

Dalam pemaparannya, Nanang Tri Susilo menyampaikan, pemantauan dilakukan agar Disperindag bisa cepat bertindak jika ada lonjakan harga kebutuhan pokok di pasar.

Menurut Nanang, pihaknya menjalankan tugas untuk melaksanakan koordinasi dan sinkronisasi ketersediaan barang kebutuhan pokok dan barang. Baik di tingkat agen maupun pasar raya.

"Jadi kami selalu memantau dan menyampaikan harga-harga kebutuhan pokok,” kata Nanang Tri Susilo.

Lebih lanjuy Dijelaskan Nanang Tri Susilo, dalam pemantauan harga barang di pasar, pihaknya menggunakan Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP). Sistem tersebut langsung ada di bawah Kementerian Perdagangan dan Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Bahan Pokok (Siskaperbapo) di Jawa Timur.

“Kita gunakan yang Siskaperbapo karena kita berada di wilayah Jawa Timur,” ucap Nanang.

Diungkapkan Nanang, dari sistem tersebut akan terhubung di seluruh kabupaten di Provinsi Jawa Timur, yang pada sistem itu di setiap kabupaten, ada titik-titik pemantauan di pasar. Untuk wilayah Kabupaten Nganjuk ada tiga titik, yaitu di Pasar Wage Nganjuk, Pasar Berbek, dan Pasar Warujayeng Tanjunganom.

"Masyarakat juga bisa mengakses secara online di internet kalau ingin mengetahui harga bahan pokok, yaitu dengan mengunjungi laman website Siskaperbapo,” ujar Nanang.

Menurut Nanang, ada beberapa faktor yang membuat harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan atau penurunan. Yaitu faktor dari cuaca, distribusi terkait perjalanan, dan dipengaruhi oleh ekonomi dunia/global.

"Disperindag mengucapkan terima kasih atas kerja sama semua pihak, dan kami juga menerima masukan jika ada hal-hal yang perlu disampaikan, dan secara khusus untuk masyarakat Kabupaten Nganjuk bisa datang ke Kantor Disperindag," pungkasnya.

Rif/ads/Nji
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System