Diikuti Puluhan Ribu Peserta, Cabdindik Kediri Sukses Gelar Jalan Sehat Hardiknas-Harkitnas 2024

Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai S.STP, MM, didampingi Kacabdindik Jatim Wilayah Kediri Adi Prayitno S.Pd, MM menyerahkan hadiah utama sepeda motor kepada peserta jalan sehat, Sabtu (24/5/2024)
Ahad 26 Mei 2024

Wujudkan Profil Pendidik dan Pelajar Pancasila yang Sehat Jasmani-Rohani, Kediri Perkuat Jatim sebagai Barometer Pendidikan Nasional

KEDIRI, matakamera.net - Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Kediri sukses menggelar kegiatan jalan sehat dan senam massal, untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024, Sabtu pagi (24/5/2024).

Mengambil start dan finish di kawasan Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri, kegiatan berskala besar ini melibatkan tak kurang dari 23 ribu peserta, yang terdiri dari kepala sekolah, guru pendidik dan para pelajar atau peserta didik jenjang SMA, SMK, serta SLB se-Kediri Raya.

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Aries Agung Paewai S.STP., MM., didampingi Kepala Cabdindik Jatim wilayah Kediri Adi Prayitno S.Pd., MM., serta Penjabat (Pj) Walikota Kediri Dr. Ir. Zanariah M.Si.

Hadir pula jajaran Forkopimda Kota Kediri, Kepala SMK, SMA dan SLB se-Kota Kediri.

Jalan sehat dimulai pukul 06.00 WIB, di mana bendera start dikibarkan langsung oleh Kepala Dindik Jatim Aries Agung Paewai. Sebelum jalan sehat dimulai, peserta mengikuti kegiatan senam massal yang dipimpin oleh instruktur senam dari atas panggung.

foto dok. Dinas Pendidikan Jawa Timur

Usai jalan sehat menempuh jarak sekitar 7,9 kilometer, puluhan ribu peserta kemudian disambut penampilan grup drumband SMA 5 Taruna Brawijaya Kota Kediri, Tari Remong dan tari daerah lainnya yang dibawakan oleh siswa-siswi SMA dan SMK.  


Aries Agung Paewai tampak begitu semringah dan mengapresiasi tinggi antusiasme para pendidik dan pelajar SMA, SMK dan SLB se-Kediri Raya dalam mengikuti kegiatan akbar tersebut.

Kesuksesan acara yang digelar oleh Cabdindik Jatim Wilayah Kediri ini disebut Aries kian meneguhkan dan memperkuat predikat Jawa Timur, yang kini menjadi barometer pendidikan tingkat nasional.

“Kita berharap masyarakat bisa memahami bahwa pendidikan bukan hanya tugas pemerintah. Tapi tugas masyarakat dan komponen lainnya. Mari bersama-sama membangun pendidikan, tidak hanya kualitas pendidikannya tapi sarana dan prasarana juga menjadi penting,” tutur Aries.

foto dok. Dinas Pendidikan Jawa Timur

Dalam kesempatan yang sama, Kacabdindik Jatim Wilayah Kediri Adi Prayitno menyampaikan, bahwa generasi muda seperti para pelajar yang mengikuti kegiatan ini, kelak adalah pemegang tongkat estafet yang menggantikan pendahulunya di dunia pendidikan.


“Setelah kita nanti pensiun, generasi muda yang akan berkontribusi dan berkarya untuk bangsa dan negara tercinta ini,” terang Adi Prayitno.

Momentum Hardiknas dan Harkitnas dinilai Adi sangat pas untuk membakar semangat generasi muda untuk terus berkarya dan berprestasi.

Adapun kegiatan jalan sehat dan senam massal merupakan puncak dari rangkaian acara dan perlombaan untuk memperingati Hardiknas dan Harkitnas 2024.

"Pada kegiatan puncak hari ini, Sabtu (25/5/2024), juga dilaksanakan pengumuman pemenang berbagai lomba, serta pengudian doorprize sepeda motor, sepeda gunung, televisi, mesin cuci dan lain-lainnya kepada para peserta jalan sehat,” pungkasnya

Jalan Sehat mengambil tema "Mewujudkan Profil Pendidik dan Pelajar Pancasila Yang Sehat Jasmani dan Rohani", yang menurut Adi Prayitno menjadi modal penting untuk meningkatkan kualitas dunia pendidikan, khususnya di Kediri Raya.


"Kita buktikan bahwa Kediri bisa bersaing dan tidak kalah dengan daerah lainnya seperti Surabaya dan Malang,” ungkap Adi Prayitno.


Sementara itu, Pj Walikota Kediri Zanariah yang turut hadir juga menyampaikan selamat Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional, kepada keluarga besar Cabdindik Jatim Wilayah Kediri.

Melalui momentum Jalan Sehat Hardiknas-Harkitnas 2024 ini, Zanariah berpesan kepada peserta agar selalu menjaga akhlak serta prestasi dalam segala bidang, baik akademik maupun non akademik.

Rif/Pas/2024



Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System