Nyadran Dusun Kedungboto, Fauzi Irwana Ikuti Kirab Hasil Bumi dan Sholawat Bersama Ratusan Warga

Fauzi Irwana mengenakan busana warok mengikuti kirab Nyadran Dusun Kedungboto, Jumat (31/5/2024)
Jumat 31 Mei 2024

NGANJUK, matakamera.net - Politikus Partai Nasdem Nganjuk Fauzi Irwana membaur bersama ratusan warga Dusun Kedungboto, Kecamatan Patianrowo, Kabupaten Nganjuk, Jumat pagi (31/5/2024), untuk mengikuti Kirab Nyadran atau Bersih Dusun yang rutin digelar setiap tahunnya di Jumat Pon.

Mengenakan busana tradisional Warok lengkap dengan udeng, Fauzi Irwana ikut beramai-ramai berjalan kaki, melakukan kirab menyusuri jalanan dusun setempat.

Mereka mengusung puluhan gunungan berisikan hasil bumi yang diarak mulai dari depan kediaman Fauzi Irwana, hingga finish di Rumah Kepala Dusun (Kasun) Kedungboto. Iring-iringan kirab tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi seni tradisional.


Nyadran
 atau sedekah bumi ini salah satu tradisi mengenang para pendiri desa. Di mana di dalamnya terdapat serangkaian kegiatan bersih desa dan tasyakuran.

‘’Kirab atau pawai bersih desa ini menuju rumah Pak Kasun. Warga dikumpulkan dengan kentongan lalu disajikan seni langen bekso dan campursari,” kata Fauzi Irwana, yang kini menjadi Caleg terpilih DPRD Nganjuk 2024-2029 dari Partai Nasdem tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan, tradisi rutin warga Kedungboto setiap tahun tersebut dapat memberi dampak positif, terutama bagi generasi muda agar tidak melupakan asal-usul dan budaya.


"Alhamdulillah dari tahun ke tahun antusiasme warga tinggi untuk menggelar tradisi ini. Ini adalah tradisi nguri-uri budaya tahunan setiap panen raya dan digelar di Hari Jumat Pon," sambung Fauzi.


Masih di dalam rangkaian Nyadran, pada malam harinya digelar Kedungboto Bersholawat. Di mana, seluruh warga Dusun Kedungboto tumpah-ruah mengikuti Sholawat yang menghadirkan Jam'iyyah Sholawat Jibril (JSJ), Grup Hadrah Mardhotillah.

"Sholawat ini sebagai wujud rasa syukur dan doa masyarakat Dusun Kedungboto, agar selalu mendapat berkah dan terhindarkan dari segala musibah," pungkas Fauzi Irwana.

Rif/Pas/2024 
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System