Dua Pemuda Pelopor Nganjuk Lolos ke Tingkat Provinsi, Pj Bupati: DNA Kita Adalah Pemenang

Rabu 5 Juni 2024

NGANJUK, matakamera.net - Penjabat (Pj) Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna menyambut kedatangan dewan juri dalam Fact Finding Pemuda Pelopor 2024 tingkat Jawa Timur, di Pendopo KRT Sosro Koesoemo, Rabu (5/6/2024).

Sri Handoko merasa bangga menyiratkan optimistis, karena tahun ini Kabupaten Nganjuk kembali mengirimkan wakilnya bahkan dua sekaligus di seleksi Pemuda Pelopor Tingkat Jawa Timur, meneruskan tradisi juara Pemuda Pelopor di tiga tahun terakhir.

Yang pertama adalah Ilham Alif Saputra (22), pemuda Dusun/Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, yang mengambil bidang Kepeloporan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata).

Ilham Alif berhasil mengubah sebuah lahan kritis milik Perhutani KPH Nganjuk di wilayah Kec. Ngluyu bekerja sama dengan LMDH Jati Mulyo Desa Ngluyu, menjadi sebuah kafe dan resto kekinian dengan nama SOAN ( Sobo Alas Ngluyu ).

Tujuannya sebagai branding daerah, rintisan usaha kuliner, sebagai workshop dan communal space anak-anak Ngluyu, menjadi sentra UMKM tanaman toga hasil hutan dengan produk Minse (minuman segar), dan pengolahan limbah akar pohon jati.

Termasuk menggiatkan event olah raga bola volley di area SOAN cafe and Resto, sehingga Ilham Alif bisa menjadi motivator para pemuda di wilayah Kec. Ngluyu.

Sedangkan Wahyu Eka Kiswardani (23), warga Dusun Kanigoro, Desa Mojoduwur, Ngetos yang melakukan riset di Dusun Gimbal, Desa Ngliman dari Kecamatan Sawahan, untuk bidang Kepeloporan Inovasi Teknologi.

Ia mampu mengolah lahan dan meningkatkan produksi bunga mawar yang ada di wilayah Desa Ngliman, untuk diolah menjadi berbagai produk makanan, minuman,dan minyak atsiri.

Wahyu Eka mempunyai inovasi Josh-Garden: Standarisasi Budidaya Tanaman Mawar Berbasis IoT dan Website Monitoring Roosen, Guna Meningkatkan Tingkat Produktivitas. Integrasi teknologi dalam budidaya tanaman mawar berdampak positif terhadap tingkat produktivitas, penjualan, dan kepuasan petani mawar.

Ketiga dewan Juri Pemuda pelopor Tingkat Prov. Jawa Timur di antaranya Awan Widodo, SE.MM, Kabid Kepemudaan Dispora Prov. Jatim, Dr. Sri Indah Nurhidayati S.Sos, M.Si, Juri SDA Lingkungan Pariwisata dan Rahmatul Istighfarin, ST, M.EM  Juri Inotek.

"Pemerintah yang baik adalah pemerintah yang bisa memfasiltasi, memberi ruang inovasi para pemudanya untuk berprestasi termasuk Pemuda Pelopor ini . DNA kita adalah pemenang, karena kita lahir di tanah Anjuk Ladang, Tanah Kemenangan," ujar Sri Handoko.

Selanjutnya para dewan juri akan melanjutkan fact finding ke dua titik lokasi yakni Kecamatan Ngluyu dan Kecamatan Sawahan.

Rif/Pas/2024
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System