Bawaslu Nganjuk Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Pilkada 2024

Kamis 25 Juli 2024

NGANJUK, matakamera.net - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nganjuk menggelar sosialisasi pengawasan tahapan pemuktahiran data pemilih untuk Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota, dan Wakil Walikota tahun 2024, Kamis (25/7/2024).

Acara yang berlangsung di Hotel Front One Nganjuk ini menyoroti pentingnya pengawasan pemuktahiran data pemilih sebagai kunci utama dalam memastikan partisipasi yang berkualitas dalam proses demokrasi.

Sosialisasi dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Nganjuk Yudha Harnanto, dan dihadiri oleh Ketua Bawaslu beserta jajarannya, KPU Nganjuk, Elit Politik, media dan beberapa BEM dari berbagai universitas di Nganjuk seperti STKIP PGRI, STIE, Universitas Diponegoro, Ketua dan anggota Panwascam se-Kabupaten Nganjuk.

Ketua Bawaslu Nganjuk Yudha Harnanto mengatakan, proses pemuktahiran data pemilih menjadi fokus utama untuk memastikan setiap pemilih memenuhi syarat yang ditentukan.

“Petugas pemuktahiran data pemilih harus memastikan bahwa data yang ada benar-benar akurat dan memenuhi syarat, sehingga tidak ada yang tertinggal dalam proses pemilihan,” ungkapnya.

Namun, dalam proses pengawasan, Yudha juga menyoroti beberapa kendala yang dihadapi, terutama terkait dengan penataan lokasi tempat pemungutan suara (TPS). “Kami masih menghadapi kendala terkait penataan TPS yang belum optimal. Beberapa pemilih terbagi di TPS yang berbeda meskipun mereka tinggal dalam lingkungan yang sama, hal ini perlu ditinjau ulang untuk memastikan aksesibilitas yang lebih baik bagi seluruh pemilih,” paparnya.

Kendala ini akan segera dikaji ulang dan disampaikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk untuk mendapatkan solusi terbaik dalam menjaga integritas dan keterlibatan maksimal pemilih dalam proses demokrasi mendatang.

Rif/Pas/2024
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System