Hanura-Nasdem Bentuk Poros Ketiga di Pilkada Nganjuk, 2 Parpol Lain Segera Bergabung

Ilustrasi Pilkada Nganjuk 2024 / matakamera.net
Ahad 14 Juli 2024

NGANJUK, matakamera.net - Partai Hanura membentuk poros ketiga di Pilkada Nganjuk 2024 bersama Partai Nasdem. Artinya, besar kemungkinan kontestasi Pilkada Nganjuk 27 November 2024 akan diikuti oleh tiga pasang cabup-cawabup.

Terbentuknya poros ketiga dalam Pilkada Nganjuk 2024 tersebut dipastikan oleh Ketua DPC Partai Hanura Nganjuk Raditya Haria Yuangga, dalam keterangan pers-nya Sabtu malam (13/7/2024). Menurut Yuangga, partainya saat ini sudah pasti akan berkoalisi dengan Nasdem dan tinggal menunggu waktu deklarasi.

"Jadi Hanura sudah pasti berkoalisi dengan Nasdem (di Pilkada Nganjuk 2024). Komposisinya Hanura di AG-2 (bacawabup) dan Nasdem AG-1 (bacabup). Kita juga sedang berkomunikasi dengan 2 partai lain untuk bergabung dengan poros kami. Nanti biar calonnya saja yang mengumumkan partai mana yang dimaksud," ujar Yuangga, Sabtu (13/7/2024).

Yuangga berencana akan berkunjung ke beberapa partai politik yang akan diajak bergabung dalam poros ketiga ini, pekan depan.

"Sementara ini kami melihat sudah ada 2 poros yang terbentuk, ditambah 1 poros baru dari kami (Hanura-Nasdem) sehingga nanti jadi 3 poros," ungkap politikus yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Nganjuk tersebut.

Untuk diketahui, 2 poros yang dimaksud adalah pasangan Marhaen Djumadi-Trihandy Cahyo Saputro yang berasal dari PDIP dan Partai Demokrat, serta pasangan Muhammad Muhibbin Nur-Aushaf Fajr Herdiansyah yang diusung PKB, Partai Gerindra dan PPP.

Adapun sosok bacabup yang diusung koalisi poros ketiga adalah Ita Triwibawati atau Bunda Ita, mantan Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk. Sedangkan untuk pasangannya atau bacawabup-nya, Yuangga masih belum menyebutkan.

"Untuk calon (bacawabup) yang diusung oleh Partai Hanura dipastikan akan berbaju Hanura dan memiliki KTA Hanura. Kalau gender-nya kami belum bisa menyebut, nanti jika sudah waktunya pasti kami umumkan," tukas Yuangga.

Ia menyebut sosok bacawabup yang diusung Hanura adalah wajah baru, yang belum pernah muncul di baliho-baliho maupun mendaftar di parpol lain.

"Bacawabup ini Insya Allah hanya mendaftar di Hanura. Kami sudah sebutkan sebelumnya bahwa ada 2 pendaftar yang mendaftar ke Hanura secara tertutup, Nah (bacawabup) ini salah satunya," ujar Yuangga.

Yuangga juga memberi bocoran, bahwa surat rekomendasi Bacabup-Bacawabup Nganjuk dari DPP Partai Hanura akan turun sebelum akhir Bulan Juli 2024 ini.

"Rekom akan kami urus ke Jakarta tanggal 22 Juli, dan kami pastikan sebelum akhir bulan Juli turun dan sudah di tangan calon," imbuhnya.

Dua Mantan Bupati Nganjuk Gabung Poros Ketiga

Koalisi Partai Hanura yang dan Partai Nasdem sebenarnya sudah memenuhi syarat tiket untuk mendaftarkan pasangan Bacabup-Bacawabup di Pilkada Nganjuk. Di mana, gabungan keduanya memiliki 11 kursi di DPRD Nganjuk.

Karikatur gambar Bunda Ita (Ita Triwibawati), sosok Bacabup yang akan diusung koalisi Hanura-Nasdem di Pilkada Nganjuk 2024 / istimewa

Kendati demikian, koalisi poros ketiga tersebut ternyata masih mendapat dukungan tambahan dari 2 parpol lainnya. Selain itu, juga dukungan krusial dari dua orang mantan Bupati Nganjuk, yakni Taufiqurrahman dan Novi Rahman Hidhayat.


"Jadi kami bisa pastikan Pak Taufiqurrahman dan Mas Novi bergabung untuk bersama-sama koalisi kami untuk membangun Nganjuk, memperbaiki Nganjuk agar lebih maju," ungkap Ketua DPC Partai Hanura Nganjuk Raditya Haria Yuangga.

Sementara itu, terkait pertimbangan koalisi Hanura-Nasdem mengusung Bunda Ita sebagai Bacabup Nganjuk, diakui Yuangga karena sosok perempuan penuh dengan kasih sayang dan perhatian.

"Jadi pasti memperlakukan kami sebagai masyarakat Nganjuk dengan penuh perhatian, layaknya seorang ibu kepada anaknya," ungkap Yuangga.

Ia juga meyakini Bunda Ita berpengalaman di pemerintahan, karena riwayatnya yang pernah menjabat sebagai Sekda.

"Sebelumnya kami memang pernah berkomunikasi dengan para bakal calon lain lain, tetapi sejak Kamis kemarin (10/7/2024) kami sudah memutuskan untuk hanya berkomunikasi dengan satu bakal calon ini (Bunda Ita)," pungkas Yuangga.

Rif/Pas/2024
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System