Lebaran Yatim, Baznas Nganjuk Bagikan Kunci Rumah Gerobak dan Remi BPJS

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna menyerahkan miniatur gerobak kepada pelaku UMKM
Sabtu 27 Juli 2024

NGANJUK, matakamera.net - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Nganjuk menggelar Acara Lebaran 1000 Yatim di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Jumat (26/7/2024).

Acara ini dihadiri langsung Penjabat Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna dan Wakil Ketua Baznas Provinsi Jawa Timur Dr. Muhammad Zaki M. Si.

Selain menyerahkan bingkisan Kepada Anak yatim, Baznas juga membagikan sejumlah kunci rumah, paket premi BPJS ketenagakerjaan dan rombong untuk pelaku Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM).

Wakil ketua 3  Baznas Propinsi Jawa Timur Dr Muhammad Zaki, M. Si mengapresiasi kerja keras Baznas Nganjuk sehingga mampu menghimpun dan menyalurkan ZIS untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lebih luas meski usianya belum genap setahun.

Lebih lanjut, Zaki menilai kinerja Baznas Nganjuk termasuk kategori andalan dan mampu melakukan kerja cerdas, Kolaborasi dan sinergi dengan semua stake holder.

"Melihat progress hari ini saya yakin Baznas Nganjuk mampu bekerja dan InsyaAllah Baznas Jatim akan menambah banyak program seperti  pendidikan, bantuan rumah layak huni dan peternakan," tegasnya.

Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna mengapresiasi kerja-kerja Baznas dalam melayani masyarakat, serta berkolaborasi dalam membantu program pemerintah khususnya dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem dan stunting.

"Terima kasih Baznas Nganjuk atas sinergi dan komitmennya membantu pemerintah selama ini," tegas Handoko.

Lebih lanjut, ia berjanji akan turut men-ssuport Baznas dalam mencapai target  pengumpulan seperti ketentuan dari Baznas Pusat.

"Insyaallah kami akan men-support agar target 6,2 miliar tercapai, khusus OPD pendidikan dan kesehatan yang menaungi ASN dengan jumlah besar mohon bisa dimaksimalkan," pungkasnya.

Ketua Baznas Nganjuk Dr. Zainal Arifin, M. Pd dalam sambutannya menjelaskan, lembaga yang dipimpinnya telah merealisasika. sejumlah kegiatan dalam rangka untuk menurunkan angka Kemiskinan ekstrem dan stunting.

"Alhamdulilah dapat kami laporkan kepada pak PJ Bupati, tahun ini Kami telah menyalurkan senilai Rp 689 juta dalam bentuk 27 unit rumah layak huni," tegasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, Baznas juga membagikan paket BPJS Ketenagakerjaan marbot masjid dan penyerahan bantuan rombong bagi pelaku usaha mikro.

"Kami targetkan seribu masjid, untuk tahap pertama ini 200 masjid dan juga kami bagikan bantuan rombong untuk pengusaha rumahan," urainya.

Selain program di atas, Baznas menurut Zainal juga telah menyalurkan berbagai program bantuan pendidikan, kesehatan  dan layanan dakwah dan panduan Ibadah bagi mualaf.

"Alhamdulillah berkat support berbagai pihak Baznas dapat menyalurkan Donasi Zakat Infaq dan Sodaqoh yang kami himpun dari ASN untuk masyarakat yang lebih luas," pungkasnya.

Diketahui, Baznas Nganjuk pada tahun 2024 telah menyalurkan Donasi ZIS kepada 8 asnaf untuk sejumlah program, untuk program Nganjuk Peduli senilai Rp 838 juta dalam bentuk bedah Rumah Layak Huni (Rutilahu), santunan yatim dhuafa dan disabilitas.

Berikutnya untuk program Nganjuk sehat senilai Rp 57 juta yang disalurkan melalui program penurunan stunting dan ibu hamil serta bantuan kaki palsu.

Program Nganjuk makmur telah tersalurkan senilai Rp 48 juta dalam bentuk modal usaha dan peralatan pelatihan. Pelatihan keterampilan ini berupa pelatihan potong rambut atau barbershop dan kecantikan.

Sedangkan untuk program Nganjuk taqwa senilai Rp 57,3 juta, disalurkan alam bentuk insentif guru mengaji, lembinaan mualaf dan Premi BPJS Ketenagakerjaan Marbot Masjid.

Ro/Pas/2024
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System