Sedot Ribuan Pengunjung, Pj Bupati Nganjuk Pimpin Prosesi Siraman Sedudo

Sabtu 20 Juli 2024

NGANJUK, matakamera.net - Kabupaten Nganjuk kembali menggelar event budaya Siraman Sedudo, di kompleks wisata Air Terjun Sedudo, Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Sabtu (20/7/2024).

Siraman dihadiri langsung oleh Pj Bupati Nganjuk Sri Handoko Taruna. Di mana, event yang rutin digelar setiap tahun itu berhasil menyedot ribuan pengunjung untuk berkunjung di obyek wisata unggulan Kota Angin tersebut.

Sri Handoko Taruna mengatakan, Siraman Sedudo sebagai upaya mempertahankan budaya. Sekaligus menjadikannya daya tarik dan mengembangkan potensi wisata.

Prosesinya sendiri dipimpin Pj Bupati Sri Handoko Taruna. Orang nomor satu di Pemkab Nganjuk itu hadir bersama Pj Ketua TP PKK Eka Haryati Taruna. Hadir pula jajaran forkopimda.

Usai tari pembuka, Pj Bupati Sri Handoko Taruna menerima kendi dari para penari. Kendi tersebut lantas dibawa ke bawah air terjun untuk Amek Tirta atau pengambilan air.

Prosesi tersebut juga diikuti para jejaka untuk mengambil air. Air tersebut lantas diserahkan kepada para gadis untuk dikumpulkan ke dalam satu gentong besar.

Nantinya, air tersebut akan digunakan untuk siraman atau diperebutkan warga masyarakat. “Air Sedudo dianggap air suci dan membawa berkah,” ujar Pj Bupati Sri Handoko.

Usai prosesi pengambilan air dan siraman, acara dilanjutkan doa bersama. Sehabis doa bersama bersama dibacakan, warga dan pengunjung berebut gunungan hasil bumi yang sudah disiapkan. “Sebagai ungkapan rasa syukur dan memohon berkah,” pungkas Sri Handoko.

Rif/Pas/ads/2024
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System