Ketua DPC PDIP Nganjuk: Siapapun Cabup-Cawabup yang Direkom DPP Kita Siap Menangkan

Ketua DPC PDIP Nganjuk Tatit Heru Tjahjono
Kamis 15 Agustus 2024

NGANJUK, matakamera.net - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengumumkan nama-nama calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung pada Pilkada Serentak 2024, Rabu siang (14/8/2024). Namun, dalam pengumuman tersebut belum muncul nama Cabup-Cawabup Nganjuk yang mendapat rekomendasi.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC PDIP Nganjuk Tatit Heru Tjahjono mengatakan, pada pengumuman gelombang 1 tersebut, surat rekomendasi memang belum seluruhnya diturunkan kepada bakal calon kepala daerah. Termasuk salah satunya Kabupaten Nganjuk.

"Nganjuk memang belum. Jadi sambil kita koordinasikan lagi dengan DPD maupun dengan DPP. Sepanjang (rekom) belum turun ya kita tunggu saja," ujat Tatit, dikonfirmasi Rabu malam (14/8/2024).

Tatit menjelaskan, tidak hanya Kabupaten Nganjuk yang masih menunggu pengumuman rekom Cabup-Cawabup dari PDIP. Sejumlah daerah tetangga disebutnya juga belum turun, seperti Kabupaten Kediri, Madiun, Ponorogo dan Magetan juga.

"Apa yang menjadi penyebabnya dan apa pertimbangannya, itu sepenuhnya menjadi kewenangan dari Dewan Pimpinan Pusat," ungkap politikus yang juga menjabat Ketua DPRD Nganjuk tersebut.

Menurut Tatit, pihaknya di tingkat kabupaten sudah diberikan tugas dan melaksanakan tugas oleh DPP PDIP untuk melakukan penjaringan bakal calon bupati. Nama-nama calon yang mendaftar juga sudah diserahkannya ke DPP melalui DPD.

"Maka tugas kami berikutnya adalah menunggu keputusan rekomendasi.

Apakah ada sesuatu (sehingga rekom belum turun) itu sepenuhnya kewenangan DPP, kami tidak bisa mengira-ngira," ungkap Tatit.

Lebih lanjut Tatit mengatakan, secara resmi belum ada informasi kapan batas akhir pengumuman rekomendasi dari DPP PDIP.

"Namun, dari hasil komunikasi-komunikasi dengan teman-teman DPC samping dan DPD lewat Bappilu-nya, informasi terakhir yang kami terima itu (rekom turun) paling lambat tanggal 20 Agustus 2024," imbuh Tatit.

Adapun terkait rencana koalisi PDIP dan Partai Demokrat dengan mengusung Marhaen Djumadi dan Trihandy Cahyo Saputro, diyakini Tatit juga bukan menjadi masalah sehingga rekom PDIP belum diturunkan.

Tatit menekankan, hingga kini memang sebagian besar kabupaten/kota di Jawa Timur belum diumumkan rekomendasinya. Dari 38 kabupaten/kota, baru 4 daerah yang sudah diumumkan.

"Jadi kembali lagi, saat ini kita perlu menunggu sikap dan menunjukkan kesabaran yang progresif. Kita tekankan kepada seluruh pengurus, baik itu di anak ranting, ranting, PAC dan DPC, agar bersabar. Siapapun nanti (Cabup-Cawabup Nganjuk) yang direkomendasi, maka kita siap memenangkan," tegas Tatit.

Lantas, apakah sudah bisa dipastikan bahwa rekom akan turun ke pasangan Marhaen Djumadi-Trihandy Cahyo Saputro, Tatit mengaku belum dapat memastikannya. Ia meminta agar semua pihak menunggu pengumuman resmi DPP.

"Siapapun yang akhirnya mendapat rekom itulah kader terbaik," pungkas Tatit.

Rif/Pas/2024
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System