Kunjungi Candi Sri Jayamrta, Bunda Ita dan Mbak Zuli Didoakan Masyarakat Jadi Bupati-Wakil Bupati Nganjuk

Bunda Ita dan Mbak Zuli saat mengunjungi Candi Lor atau Candi Sri Jayamrta bersama sejarawan, Kamis (19/9/2024)
Jumat 20 September 2024

NGANJUK, matakamera.net - Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Nganjuk 2024-2029, Ita Triwibawati dan Zuli Rantauwati, mengunjungi Candi Lor yang ada di Desa Candirejo, Kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk, Kamis (19/9/2024).

Bunda Ita dan Mbak Zuli, sapaan akrab duo srikandi tersebut, sengaja mengunjungi Candi Lor untuk melakukan doa dan tasyakuran bersama masyarakat desa setempat.

Candi Lor adalah bangunan suci yang disusun dari batu-bata kuno, yang dibangun oleh Mpu Sindok, Raja Mataram kuno pada 937 Masehi. Sebagian masyarakat ada yang menyebutnya Candi Boto.


Berdasarkan isi prasasti Anjuk Ladang yang ditemukan di sisi barat candi, bangunan itu sebenarnya bernama "Sri Jayamrta". Dengan kata lain, Candi Lor nama aslinya adalah Candi Sri Jayamrta atau Candi Jayamrta.


"Candi Lor nama lainnya Candi Sri Jayamrta," ujar Rudy Handoko, sejarawan yang mendampingi Bunda Ita dan Mbak Zuli, berkeliling melihat-lihat bangunan candi tersebut.

Candi Lor atau Candi Jayamrta dibangun oleh Mpu Sindok sebagai penanda ditetapkannya wilayah Anjuk Ladang atau Nganjuk sebagai kawasan swatantra, atas jasa warga Anjuk Ladang yang meraih kemenangan melawan musuh.

Candi ini sekaligus menjadi tonggak atau cikal-bakal berdirinya Kabupaten Nganjuk.

"Istilah Jayamrta sendiri memiliki arti kemenangan yang tidak pernah mati, atau kemenangan yang abadi. Itu dari isi tulisan Prasasti Anjuk Ladang yang berbahasa Sansekerta," urai Rudy Handoko.


Atas dasar itulah, Bunda Ita dan Mbak Zuli mengunjungi Candi Sri Jayamrta, seraya menggelar doa bersama masyarakat Nganjuk. Mereka meminta kepada Allah SWT untuk keselamatan dunia-akhirat.


Selain itu, masyarakat yang ikut ke lokasi juga mendoakan Bunda Ita dan Mbak Zuli sukses memenangkan Pilkada Nganjuk 27 November 2024, dan dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk 2024- 2029.

"Saya doakan Bunda-Ita dan Mbak Zuli dilantik jadi Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk, Amiiiinnn. Saya juga akan mengajak keluarga dan tetangga untuk bersama-sama memenangkan Bunda Ita dan Mbak Zuli," ujar Luluk, 40, warga Desa Candirejo.

Bunda Ita dan Mbak Zuli mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan masyarakat Nganjuk dari berbagai elemen, untuk bersama-sama mewujudkan Nganjuk Jayamrta. Nganjuk yang Jaya, Maju, Cerdas, Sejatera dan Berkelanjutan.

"Insya Allah, kemenangan yang akan kita raih pada Pilkada Nganjuk 27 November 2024 nanti adalah kemenangan rakyat Nganjuk. Rakyate sing menang," ujar Bunda Ita.

Rif/Pas/2024
Share on Google Plus

About matakamera.net

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment

Comments System